Pendaftaran CPNS Online dibuka Resmi Hari Ini

Kabar bahagia datang dari mereka yang sudah menanti-nantikan pendaftaran CPNS 2019. Hari ini, Senin, 11 November 2019, Pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil ) 2019 resmi dibuka. Pendaftaran CPNS 2019 dan juga informasi tentang lowongannya bandar togel hk bisa anda buka langsung lewat portal resmi sscasn.bkn.go.id.

Pendaftaran Online Resmi dibuka Hari Ini

BKN (Badan Kepegawaian Negara) sudah mengupayakan finalisasi verifikasi data dan juga validasi formasi lowongan CPNS 2019 supaya public bisa mengakses informasi situs perndafatarannya terhitung jam 00.00 WIB dini hari tadi. Plt Kepala Biro Humas BKN, Paryono, menyarankan para pendaftar lekas mendaftarkan diri mereka setelah pendaftaran dibuka. Dengan demikian, mereka bisa mengidentifikasi lebih cepat apabila kemudian hari ada permasalahan atau pun perbaikan setelah mendaftar.

Imbauan tersebut disampaikan karena adanya kecenderungan yang terjadi tiap adanya pendaftaran CPNS di mana pendaftar biasanya tidak akan mendaftarkan dirinya di hari pertama pendaftaran dibuka. Kebanyakan pelamar malah biasanya mendaftarkan diri di hari-hari terakhir. Mereka kebanyakan hanya akan melihat lebih dulu formasi yang telah disediakan.

“Imbauannya supaya mengelola waktu dengan bai, jangan mendaftar di saat-saat akhir supaya kalau ada masalah diketahui lebih awal,” ungkap Paryono dilansir dari CNN Indonesia, Minggu (10/11).

Tahapan Pendaftaran CPNS 2019

Beberapa tahapan yang bisa dilakukan oleh pendaftar adalah mengakses situs SSCASN 2019 dahulu di alamat https://sscasn.bkn.go.id untuk bisa melihat informasi penerimaan CPNS dan juga lowongan formasi yang sedang dibutuhkan berdasarkan kategori kementerian atau pun kelembagaan.

Pelamar kemudian melakukan pendaftaran atau login di portal SSCASN tersebut disertai dengan kata kunci dan juga NIK (Nomor Induk Kependudukan). Kemudian pelamar akan dimintai melengkapi data dengan mengunggah foto diri memegang KTP dan juga Kartu Informasi akun sebagai bukti bahwa mereka telah mendaftar.

Lalu mereka diminta untuk memilih jabatan dan melengkapi biodatanya sesuai dengan keterangan pendidikan. Pelamar juga mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan, memeriksa isian di form resume, dan juga mencetak kartu pendaftarannya.

Selanjutnya, pihak BKN bakal melakukan verifikasi berkas. Pelamar yang mana dinyatakan lulus seleksi administrasi kemudian akan mendapatkan kartu ujian untuk mengikuti seleksi yang sesuai dengan ketentuan. “Diusahakan ketika portal dibuka, pelamar sudah bisa langsung melakukan registrasi atau sekedar melihat untuk menentukan pilihan terhadap instansi ataupun formasi mana yang tersedia,” lanjut Paryono.

Seleksi CPNS sendiri akan dibuka dari tanggal 11-24 November 2019 dengan sebanyak 152 ribu formasi yang dibuka. Beberapa di antaranya adalah Kementerian Agama yang akan membuka lowongan CPNS sebanyak 5.815 formasi. Kemudian diikuti oleh Kejaksaan Agung sebanyak 5.203 formasi. Setelah itu ada Kementerian Hukum dan HAM yang membuka lowongan sebanyak 4.598. Kementerian Kesehatan yang membuka lowongan sebanyak 2.205, kemudian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan plus Pendidikan Tinggi sebanyak 2.196. setelah itu lowongan yang cukup banyak juga dibuka oleh Sekretariat Mahkamah Agung sebanyak 2.104, Kementerian Perhubungan 1.244 dan Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat sebanyak 1.180.

Ombudsman RI menyatakan bahwa mereka akan membentuk tim pengawas untuk bisa mengawasi seleksi CPNS 2019. Tim itu akan mengawasi dan menerima pengaduan dari para masyarakat, terutama yang mengikuti seleksi CPNS 2019. Anggota Ombudsman Laode Ida juga menyatakan bahwa hal itu penting dilakukan agar seleksi berjalan dengan lancar dan mengantisipasi permasalah yang timbul dalam proses seleksi CPNS 2019 yang mana tahun kemarin juga terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *